Friday, April 1, 2016

Harga Yamaha Mt-10, Review & Spesifikasi Februari 2018

Harga Yamaha MT-10 - Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih dikenal dengan istilah EICMA yang diselenggarakan tahun ini tampaknya sangat dimanfaatkan dengan baik oleh para pabrikan otomotif dunia buat memperkenalkan produk teranyar buatan mereka.

Termasuk juga yamaha, ya pabrikan otomotif yang berlambang garpu tala tersebut juga ikut dalam memeriahkan event yang berlangsung di milan italia tersebut dengan merilis pahlawan terbarunya yang diberi nama MT-10. Dan motor ini sendiri yaitu versi street fighternya dari si Yamaha YZF R1 dan tentunya si MT ini mengandung dna dari superbike namanya sudah sangat populer di dunia tersebut.

Dan tahukah kalian, dengan hadirnya Yamaha MT-10 ini berarti keluarga MT-series kini itu bisa dibilang sudah lengkap untuk dikala ini. Mengapa? ya maksudnya jikalau kita pikir-pikir kini disetiap kelas sudah ada keluarga MT yang dijagokan.

Mulai dari kelas yang kapasitas mesinnya rendah 250cc sampai yang yang paling besar yakni 1000, ya siapa lagi kalau bukan motor gres ini. Lalu mengingat kelas atau kastanya yang tertinggi dari keluarga MT lainnya maka tak heranlah jikalau si street fighter ini pantas disebut sebagai King MT-series untuk dikala kini ini. Oh ya, julukan lainnya yang juga di tujukan pada MT 10 ini ialah "Master of Torque".

Melihat dari penampakannya, pribadi bisa dipastikan wujud dari MT 10 ini bisa dibilang beda sekali sama keluarga MT series lainnya. Bahkan lebih keren dan gagah dibandingkan sama adik-adiknya yakni MT 07 dan MT 09. Dan entah ya, rasanya sangat unik gitu dan belum pernah ada kuda besi yang wujudnya menyerupai ini. Penampilannya itu jikalau diperhatikan secara serius boleh dibilang kaya robot alien kawan.

Motor street fighter pahlawan gres yamaha ini, di negara eropa ditawarkan dengan 3 varian warna yang  keren yakni abu-abu, biru dan terakhir hitam. Untuk negara indonesia sendiri sampai dikala ini belum ada kepastian kapan si street fighter ini bakal berkunjung, namun ada kemungkinan sih MT 10 ini bakalan datang. Soalnya beberapa anggota MT juga sudah ada disini, misalnya saja MT 25 sama MT 09.
 Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih Harga Yamaha MT-10, Review & Spesifikasi Februari 2018
Yamaha MT-10 Night Fluo

 Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih Harga Yamaha MT-10, Review & Spesifikasi Februari 2018
Yamaha MT-10 Race Blu

 Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih Harga Yamaha MT-10, Review & Spesifikasi Februari 2018
Yamaha MT-10 Tech Black
Sumber gambar : yamaha


Headlamp Unik + LED

Dari kesemua penggalan motor ini, yang paling asing bin unik ialah penggalan depan, tepatnya pada batok lampunya. Coba kita bayangkan saja, kebanyakan sepeda motor yang ada zaman di kini cenderung menerapkan batok kepala yang menyatu pada motor guna sehingga terlihat padat dan menunjang penampilan yang sporty.

Namun beda sama MT 10 ini, pihak yamaha ternyata berani menciptakan sebuah penemuan gres dengan menerapkan penempatan batok kepala dengan menggunakan beberapa jarak dari stang utamanya, sehingga tampak ada ruang  / berongga. Dan alhasil pun tidak mengecewakan elok & justru terkesan "angker". Lampunya sendiri menggunakan lampu ganda tipe LED, so mantaplah pokoknya buat penerangan. Sekedar gosip tambahan, bukan lapu depannya saja lho yang LED, lampu sein serta Stoplamp juga sudah menggunakan LED.

Ergonomi Nyaman Ala MT Series

Sektor ergonomi milik MT 10 bisa dibilang nyaman mitra dan tak menyerupai punyanya Yamaha YZF R1. Posisi berkendaranya tegak, hal ini dipengaruhi segitiga ergonomi yang berkesinambungan antara Stang, daerah duduk (jok) serta pijakan kaki alias footstep. Tak lepas juga tangki dengan bentuk yang besar & posisinya lebih tinggi serta lekukan yang pas di lutut menciptakan pengendara bisa mencengkeram motor ini dengan sangat baik.

Untuk pengendara ok, kemudian gimana untuk pemboncengnya?. ternyata juga mantap punya. Hal ini disebabkan lantaran jok belakang buat pemboncengnya dibentuk agak rata (tak menyerupai superbikenya yang tinggi) sehingga lezat digunakan. Ya khas lah ala sepeda motor MT series.

 Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih Harga Yamaha MT-10, Review & Spesifikasi Februari 2018
Yamaha MT-10

Chassis Adopsi Yamaha YZF R1

Pembangunan motor streetfighter MT 10 menggunakan chassis yang diadopsi dari R1. Yakni masih tetap menggunakan Frame Deltabox Alumunium. Namun telah mengalami beberapa oprekan oleh pihak yamaha sehingga lebih ringan dari milik sang superbike tersebut. Tak cuman itu saja, frame gres tersebut juga lebih fleksibel sehingga lebih memudahkan si pengendara buat mengendalikan motor ini dijalanan.

Frame tersebut layaknya R1 dikombinasikan sama Swing Arm Alumunium. Namun menariknya, ukuran whellbase milik MT 10 ini berbeda, agak lebih pendek dari sang superbike. Jika R1 punya wheelbase 1405 mm, maka si streetfighter ini punya 1400 mm. Pemangkasan ini tampaknya ditujukan biar balance dari sang kuda besi ini bisa elok & manuver dikala menikung juga lebih baik.

 Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih Harga Yamaha MT-10, Review & Spesifikasi Februari 2018
Yamaha MT-10




Suspensi Yang Diadopsi Dari YZF R1


MT 10 mengadopsi suspensi yang kurang lebih sama dengan YZF R1. Mengapa disini tidak dibilang sama , alasannya ya memang lantaran genrenya itu sudah beda. MT yaitu streetfighter sedangkan R1 yaitu superbike.  Jadinya ya memang milik "Master of Torque" ini sudah di buat khusus untuk menunjang aura streetfighter nya itu sendiri.

Namun pada dasarnya yaitu MT 10 menggunakan suspensi yang tercipta dari pengembangan suspensi yang digunakan oleh R1. Suspensi tersebut untuk yang penggalan depan menggunakan garpu teleskopik 43 mm sedangkan belakang menggunakan monoscross yang terhubung sama swing arm alumunium. Dan kedua suspensi tersebut diberi kemampuan pengaturan (adjustable) untuk menunjang performa yang optimal.

Mesin 4 Silinder CrossPlane YZF R1

Master of Torque ini menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha YZF R1. Yakni mesin 4 silinder crossplane dengan kapasitas 998 cc bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Mesin ini sama dengan sang superbike yakni tipe over bore dengan rincian ukuran bore x stroke : 79 mm x 50,9 mm.

Tapi sekali lagi mengingat genrenya beda, maka spesifikasi mesinnya pun agak dibedakan. Misalnya saja, jikalau kompresi rasio milik R1 yaitu 13 : 1, maka MT 10 dipangkas jadi 12 : 1. Lalu untuk urusan power dan torsinya, MT 10 agak lebih smooth ketimbang milik R1.

 Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih Harga Yamaha MT-10, Review & Spesifikasi Februari 2018
Yamaha MT-10
Yamaha YZF R1 mempunyai power puncak sampai 147.1 kW (200PS) / 13.500 rpm dengan torsi maksimum 112.4 Nm (11.5 kg-m) / 11.500 rpm. Sedangkan MT 10 punya power maksimal direntang 118 kW (160.4 PS) / 11 500 rpm dan torsi maksimum 111 Nm (11.3 kg-m) / 9000 rpm.

Pengereman ABS


Dengan performanya yang tak diragukan alias begitu mumpuni. Kuda besi MT 10 ini dipersenjatai dengan sistem pengereman yang optimal. Di sektor depan terpasang rem cakram hidrolik ganda 320 ukuran mm 4 kaliber piston. Dan untuk area belakang dilengkapi sama rem cakram hidrolik tunggal 220 mm. Kemudian sebagai penyempurna terpasang juga teknologi Anti-Lock Braking Sytem atau yang lebih dikenal dengan ABS.

LCD Instrumen Multi Fungsi

Sebagai King of MT series dikala ini, MT 10 di lengkapi sama panel istrumen yang canggih dan multi fungsi. Bentuknya kotak dengan layar LCD serta mempunyai latar warna putih agak kecoklatan sedikit sehingga cukup terang dikala dibaca. Kalau untuk isinya ada indikator kecepatan, indikator materi bakar, rpm meter, jam, indikator 3-MODE, indikator suhu dan lain-lain.

 Pagelaran otomotif akbar Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accesori atau lebih Harga Yamaha MT-10, Review & Spesifikasi Februari 2018
Yamaha MT-10

Perangkat Elektronik Canggih

Terlahir dengan gen Yamaha YZF R1 ternyata menciptakan MT 10 ini kebagian beberapa perangkat elektronik canggih dari superbike utama kenamaan yamaha tersebut. Diantaranya ada Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) yang berkhasiat untuk memperlihatkan kemudahan dalam pengaturan kestabilan kecepatan, utamanya diatas 50 km/jam.

Selanjutnya ada Yamaha D-MODE System dengan 3 pilihan pengaturan mesin untuk berkendara, kemudian ada Traction Control System (TCS) dengan 3 level / tingkatan. Ada Assist and Slipper (A&C) clutch untuk kemulusan dalam akselerasi dan decelerasi. Serta ada 12 V DC Outlet untuk mengakomodasi banyak sekali macam aksesoris tambahan.

Spesifikasi Yamaha MT-10:

  1. DIMENSI
  • Panjang keseluruhan mencapai 2095 mm.
  • Lebar nya 800 mm.
  • Tinggi sampai 1110 mm.
  • Jarak terendah ketanah 130 mm.
  • Jarak sumbu antara kedua roda yaitu 1400 mm.
  • Kapasitas tangki materi bakar mencapai 17 liter.
  • Kapasitas minyak pelumas sebanyak 3,9 liter.
      2. CHASSIS
  • Memakai rangka tipe Alumunium Deltabox. 
  • Suspensi depan Teleskopik Fork berdiameter 43 mm, sedangkan suspensi belakang Swing Arm (Link Suspension).
  • Rem depan menggunakan cakram hidrolik ganda berdiameter 320 mm, kemudian untuk yang belakang menggunakan  cakram hidrolik tunggal berdiameter 220 mm. Kedua rem berasal dari pabrikan Nissin dan telah mengusung teknologi ABS.
  • Roda depan berukuran 120/70 ZR17 M/C (58W), sedangkan roda belakang berukuran 190/55 ZR17 M/C (75W).
      3. MESIN
  • Kapasitas mesin 998cc, DOHC, 4-Stroke, 4 Valve bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled).
  • Bore x Stroke : 79 mm x 50.9 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio yaitu 12 : 1.
  • Sistem materi bakar Fuel Injection.
  • Pengapian menggunakan TCI.
  • Tranmsisi tipe Constant Mesh 6 kecepatan.
  • Tipe kopling : Wet, Multiplate Clutch.
  • Maximum power yang dihasilkan mencapai 118 kW (160,4 PS) / 11 500 rpm.
  • Torsi maksimum mencapai 111 Nm (11,3 kgf.m) / 9000 rpm.
  • Emisi CO2 185 g/km.

Harga Yamaha MT-10 - Bulan Februari 2018:

  • Mengingat belum tersedianya motor ini di indonesia, maka harganya pastinya belum pasti. Namun untuk dieropa motor MT 10 ini dibanderol dengan  £ 9,999.00 atau sekitar 189 juta rupiah.
Baca juga artikel lain di blog motorcomcom ini menyerupai perihal :

Sumber http://motorcomcom.blogspot.com/


EmoticonEmoticon