Saturday, September 2, 2017

Penyebab Dan Atasi Rem Cakram Motor Keras

Rem cakram motor keras - timbulnya duduk masalah pada sistem pengereman sepeda motor tentu akan jadi duduk masalah yang mengkhawatirkan, alasannya sangat beresiko terlibat kecelakaan di jalan raya lantaran hal ini. Khususnya pada jenis rem cakram, berbagai duduk masalah yang hinggap mulai dari rem yang ngeblong alias tidak pakem, timbul suara berisik ketika di rem hingga rem cakram yang keras kerap kali menimpa para pengguna sepeda motor.

 timbulnya duduk masalah pada sistem pengereman sepeda motor tentu akan jadi duduk masalah yang mengkh Penyebab Dan Atasi Rem Cakram Motor Keras


Lalu apa sih penyebab rem cakram motor terasa keras ibarat macet ketika tuas rem ditekan ?

Penyebab kenapa rem cakram terasa keras ketika tuas rem ditekan ini diakibatkan oleh 2 hal, yang pertama yaitu pen caliper yang berkarat sehingga kaliper rem tidak dapat maju mundur, kemudian penyebab rem cakram motor keras selanjutnya disebabkan komponen piston yang bertugas untuk mendorong kampas rem dan menjepit piringan cakram ini macet.

Macetnya pen kaliper ini biasa disebabkan lantaran kebengkokan ataupun berkarat, sedangkan untuk piston rem cakram sendiri diakibatkan adanya air yang masuk kedalam lapisan karet seal pelindung ( dust boot ) piston yang sudah rusak / berlubang, sehingga air yang menerobos masuk ini dikemudian hari mengakibatkan karat.

Baca juga : Tehnik pengereman pada motor yang wajib kau tahu

Untuk mengatasi hal ini yang perlu kalian lakukan yaitu melaksanakan pembongkaran pada serpihan piston rem, kemudian menyidik kelurusan pen kaliper serta membersihkannya, menggosok karat yang ada di serpihan piston rem maupun di rumah piston dengan memakai amplas halus atau amplas OH hingga karat tadi menghilang dan mengganti karet seal kaliper yang sudah rusak tadi dengan karet seal yang baru.

Setelah penggantian komponen selesai, langkah terakhir yaitu melaksanakan bleding minyak rem semoga tidak masuk angin. Untuk melaksanakan bleding ini sebaiknya dilakukan oleh 2 orang semoga jadinya maksimal. Caranya yaitu salah orang pertama memainkan tuas rem sembari menambah dan menjaga semoga master atas tidak kehabisan minyak rem. Selanjutnya orang kedua membuka baut nipel yang berada di kaliper rem, hal ini bertujun semoga minyak rem dari master atas terdorong dan keluar melalui baut nipel hingga tidak ada lagi gelembung. Bila sudah tidak ada gelembung, baut nipel dapat dikeraskan kembali.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan


  • Pastikan tidak ada minyak rem yang mengenai cat motor, alasannya minyak rem ini sifatnya keras dan sangat korosif terhadap cat. Jika cat motor hingga terkena minyak rem, sesegera mungkin bilas dengan air biasa semoga minyak rem tadi terangkat ( minyak rem dapat menyatu dengan air ).
  • Jika anda galau dan tidak dapat melakukannya sendiri dirumah, sebaiknya serahkan ke bengkel langganan anda untuk penanganan yang lebih baik.


Baca juga : Nih klarifikasi kenapa rem cakram floating didesain agak oblak




Sumber https://automotivexist.blogspot.com/


EmoticonEmoticon