Saturday, November 17, 2018

Tips 10 Cara Menghemat Materi Bakar Kendaraan Beroda Empat Anda

Siapa sih yang tidak ingin menghemat materi bakar ? hapir setiap orang niscaya menginginkan begitu. Biasanya alasannya simple, sanggup mengurangi biaya pembelian materi bakar dan sanggup digunakan untuk keperluan yang lain. Kan lumayan,

Menghemat materi bakar, bukan berarti kita hanya perlu memakai kendaraan hanya sekali sebulan atau sekali dalam seminggu. Karena ini tidak memungkinkan dengan kesibukan kita sehari - hari. Kebanyaka dari kita membeli kendaraan beroda empat bukan untuk digunakan sekali atau dua kali dalam beberapa pekan, namun setiap hari. Lalu bagaimana caranya dengan penggunaan kendaraan beroda empat yang setia hari digunakan tetapi kita sanggup menghemat materi bakar ?  Berikut 10 cara yang sanggup kita lakukan untuk meminimalisir konsumsi materi bakar kendaraan kita.





1. Hindari atau meminimalkan pemanasan mesin yang berlebih

Pemanasan memang perlu, namun ini ketika ini kendaraan telah dilengkapi dengan banyak sekali teknologi yang sanggup mengatur suhu kerja mesin dengan cepat. Karena memang tidak semua kendaraan beroda empat memerlukan pemanasan yang terlalu relatif lama. Dan memanaskan mesin merupakan sesuatu yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Oleh karenanya, lakukan pemasan kendaraan beroda empat anda seperlunya, jangan terlalu lama. Kendaraan yang tidak bergerak, namun mesin kendaraan beroda empat bekerja itu membutuhkan materi bakar yang relatif sedikit namun sayang terbuang sia - sia.


2.  Menghindari Kemacetan 

Berkendara dengan lancar tanpa ada kemacertan yaitu salah satu faktor yang sanggup menghemat materi bakar ketika anda berkendara. Dengan seringnya kendaraan beroda empat anda berhenti alasannya yaitu kemacetan, maka hal ini akan menghabiskan materi bakar namun kendaraan berhenti. Oleh alasannya yaitu nya, carilah jalan alternatif untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi dibeberapa wilayah.

Jika hal ini tidak terhindarkan, solusi terbaik yaitu dengan menjaga jarak antara kendaraan beroda empat anda dengan kendaraan didepan. Sehingga anda masih sanggup menjalankan kendaraan beroda empat anda dengan kecepan rendah. Ini lebih baik, dibanding anda harus menaikkan RPM ( akselerasi ) mesin anda dan kendraan sering berhenti.


3. Meminimalkan Penggunaan kendaraan

Ini mememang bukan sebuah alasan yang klasik. Namun dalam beberapa perjalanan, tidak mengharuskan kita untuk tetap memakai kendraan. Misalkan, kalau jika mengunjungi sebuah daerah yang tidak jauh, anda sanggup memakai mode tranportasi yang lain. Seperti dengan berjalan kaki, memakai sepeda atau sepeda motor. Dengan begitu, selain sanggup menghemat materi bakar kendaraan anda, kesehatan juga akan anda dapatkan.


4. Pemindahan gigi yang tepat

Cobalah untuk tidak mengrmudi dengan gigi yang sangat rendah atau bahkan gigi yang jauh lebih tinggi dari yang and butuhkan. Tetaplah menjaga perpindahakan gigi sesuai dengan kondisi kendaraan. Jika anda mengendarai kendaraan beroda empat yang memakai transmisi, gantilah gigi segera pada kecepatan kendaraan yang tepat, tanpa memperlama dengan kecepatan yang diperlukan.

5. Pertimbangakan penggunaan Rail Roof ( Rak atap )

Alasan pemasangan rak pada atap kendaraan beroda empat yaitu sanggup mengganggu kedinamisan anutan udara ( aerodinamis ). Pemasangan spoiler, membiarkan beling yang terbuka pada kecepatan tinggi berakibat jelek terhadap materi bakar. Hindari hal - hal diatas kalau memang tidak diperlukan.


6. Hindari megebut

Setiap kali anda menekan pedal gas ( akselerasi ), banyak materi bakar yang digunakan untuk mesuplai kedalam ruang bakar. Ini alasannya yaitu katup throtle yang dibka secara tiba-tiba akan mengalirkan udara yang banyak dan ini harus diimbangi dengan materi bakar yang banyak juga. Tidak perlu terburu - buru, kalau pada kecepatan sedang saja anda tidak terlambat. Mengemudi dengan kecepatan 90 Km / jam akan memperceptan konsumsi materi bakar.

7. Penggunaan AC yang berlebih

Penggunaan AC sanggup menambah konsumsi materi bakar sebanyak 10 % lebih boros. Anda sanggup membuka sedikit beling cendela pada kecepatan rendah pada kondisi tertentu.

8. Hindari membawa beban yang berlebih

Mulailah menyisikan barang - barang yang anda anggap tidak penting yang berada pada cabin kendaraan beroda empat anda. Karena sesunggunya, kendaraan beroda empat anda bukan sebuah rumah yang siap untuk dibawa berpindah - pindah. Beban berat akan memaksa mesin untuk berkeja lebih keras, ini akan diimbangi dengan penggunaan materi bakar yang lebih banyak dari beban yang lebih kecil. ]

9. Perhatikan ban anda

Ini bukan hanya besar lengan berkuasa terhadap masa pakai ban itu sendiri. Ban yang kekurangan udara akan menambah ukiran pada jalan, ini akan memaksa mesin bekerja lebih berat. Aturlah tekanan angin anda sesuai dengan yang disarankan oleh pabrikan. Lebel tekanan angin tertera pada bab pintu kendaraan beroda empat sebelah kanan depan.

10. Perawatan berkala

Perawatan kendaraan beroda empat sangat penting untuk mengecek setiap komponen dari kerusakan. Karena kerusakan pada setiap komponen akan menambah beban kerja mesin. Lakukan perawatan terencana yang sanggup anda lakukan dengan memperhatikan total perjalan atau per setiap waktu.



Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/


EmoticonEmoticon