Oli pelumas pada transmisi berperan penting akan kinerja dan masa pakai komponen. Dengan adanya oli pelumas pada transmisi maka itu berfungsi untuk mencegah terjadinya korosi, mengurangi keausan sebab goresan dan kerusakan komponen yang terlalu cepat. Dengan alasan tersebut, maka oli pelumas pada transmisi harus dalam keadaan tejaga, baik itu banyaknya dan kwalitasnya. Anda perlu mengetahui cara mengusut cairan transmisi sebab itu pentig untuk menghasilkan kinerja transmisi yang maksimal.
Kapan kita harus mengusut oli pelumas pada transmisi ?
Memeriksa tingkat cairan oli transmisi harus menjadi kiprah rutin dicek secara terpola sebelum terjadi kerusakan yang parah. Gejala - tanda-tanda kerusakan niscaya akan terjadi jikalau hal ini kita abaikan.
Selain pengecekan secara rutin, ini juga akan membantu anda untuk mengurangi resiko kerusakan yang berat. Seperti kebocoran, level oli yang sudah berkurang atau oli yang sudah berubah warna serta kwalitasnya yang berkurang.
Bagaimana Cara Memeriksa Cairan Transmisi Mobil Manual Dan Otomatis?
Sebelum mengetahui cara mengusut cairan transmisi, Anda harus mengetahui jenis transmisi yang dimiliki kendaraan beroda empat Anda. Prosesnya sedikit berbeda tergantung pada apakah itu transmisi manual atau otomatis.
Cara Memeriksa Cairan Transmisi Dalam Mobil Manual
Memeriksa oli transmisi manual |
Langkah pertama yaitu melepaskan sumbat pengisi yang berada di samping atau di serpihan atas transmisi. Ada lubang di mana Anda dapat meletakkan dipstick atau jari Anda (jika disarankan dalam buku manual pemilik) untuk melihat apakah cairan di level yang benar.
Anda harus mengamati warna dan amis dari oli pelumas tersebut. Oli yang sudah berwarna gelap atau amis terbakar bukanlah kabar baik. Dipastikan juga tidak ada serbuk logam atau lumpur di dalamnya. Oli perlu diganti jikalau tidak dalam warna atau kondisi normal.
Cara Memeriksa Cairan Transmisi Otomatis
Memeriksa Oli Transmisi Matic |
Lakukan pengecekan saat cairan cuek dan kemudian lakukan lagi sesudah membiarkan mesin bekerja dengan roda gigi pada posisi ‘Neutral’ atau ‘Parkir’ dan rem parkir menyala. Levelnya oli manis jikalau berada diantara ‘ADD’ dan ‘FULL’.
Namun, jikalau level oli berada di bawah ‘add’ dan di atas label ‘full’. Oli pelumas harus ditambahkan jikalau pembacaan ada dibawah level ‘tambah’. Ini sebab tingkat cairan yang rendah menciptakan respons pergeseran lebih lambat. Demikian pula, jumlah cairan yang lebih tinggi pada level "FULL" akan menciptakan selip gigi dan bunyi yang mengganggu.
Hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan memeriks level oli sesudah mengemudikan kendaraan beroda empat dengan kecepatan tinggi selama satu atau dua jam. Hal ini cenderung memperlihatkan pembacaan yang salah dan levelnya akan tampak lebih tinggi dari standart. Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/
EmoticonEmoticon