Steering gear berfungsi untuk mengarahkan roda depan dan sebagai gigi reduksi untuk meningkatkan
momen supaya kemudi menjadi ringan. Ada beberapa tipe steering gear, tetapi yang banyak dipakai remaja ini ialah recirculating ball dan rack and pinion. Perbandingan gigi pada steeringgear antara 18 – 30 : 1. Perbandingan yang semakin besar akan menjadikan kemudisemakin ringan tetapi jumlah putarannya menjadi bertambahbanyak untuk sudut belok yang sama.
Steering gear ialah gigi perkaitan yang menghubungkan anatara steering shaft ( batang kemudi ) dengan tie rod. Steering gear memiliki tugas penting untuk memperbesar tenaga putar yang dilakukan oleh pengemudi yang selanjutkan akan ditersukan ke tie rod.
Ada beberapa jenis steering gear yang dipakai sampai ketika ini, diantaranya yaitu :
1. Screw nut
Pada bab bawah main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang padanya. Pada nut terdapat bab yang menonjol dan dipasang tuas yang terpasang pada rumahnya
2. Screw Pin
Pin yang berbentuk tirus bergerak sepanjang worm gear
3. Worm & Sector
Worm gear berkaitan pribadi dengan sector roller dibagian tengahnya
Peluru ( ball ) diisikan dalam lubang – lubang nut untuk membentuk kekerabatan yang menggelinding antara worm gear.
5. Rack and Pinion
Gerak putar pinion dirubah pribadi menjadi gerakan mendatar, konstruksi sederhana, sudut belok tajam dan ringan. Tetapi goncangan yang diterima dari permukaan jalan gampang diteruskan ke roda kemudi.
Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/
EmoticonEmoticon