Tuesday, December 11, 2018

Tips Mendapat Posisi Mengemudi Yang Baik Dan Benar - Mencegah Sakit Punggung, Kaki Kesemutan Dan Pegal Pada Tangan

Jika anda mempunyai dilema punggung, duduk didalam kendaraan beroda empat dalam waktu yang usang yakni hal menyiksa. Bahkan, jikalau anda tidak mempunyai sakit punggung, anda sanggup mengalami ketidaknyamanan dan rasa pegal sebab duduk di dingklik kendaraan beroda empat pada perjalanan yang lama. Terkadang, jikalau dingklik yang kita seting tidak sesuai dengan bentuk tubuh kita, maka bersiaplah dalam waktu relatif cepat kita akan mencicipi dampaknya.

Hal ini berlaku bagi seseorang yang mempunyai tiggi tidak normal, menyerupai orang jangkung, pendek, dan mereka yang mempunyai tubuh yang terlalu lebar atau kurus yang sanggup mengalami kesulitan mengikuti keadaan dengan dingklik pada kendaraan.

Pada dingklik tersebut ada beberapa penyetelan yang sanggup anda lakukan untuk memperlihatkan kenyamanan dalam mengemudi. Banyak kendaraan beroda empat mempunyai adaptasi dingklik depan dan belakang yang sanggup bergeser, pengaturan tinggi dan bermacam-macam macam perangkat yang mendukung lainnya.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menghindari sakit punggung ketika mengemudi.

Bagian 1 dari 5 :  Menyetel Jarak Dari Roda Kemudi 

Untuk pengemudi, adaptasi dingklik yang paling penting yang sanggup anda lakukan yakni mengoreksi jarak tubuh dengan roda kemudi. Jika anda tidak sanggup benar-benar mengontrol roda kemudi dengan tangan anda, itu sama sekali tidak ada gunanya. Ketika tangan anda dipaksa untuk terus menekan roda kemudi dengan tenaga yang besar, maka ketegangan akan meluas ke punggung dan mengakibatkan rasa sakit, terutama bagi mereka yang mengalami dilema pada punggung.

Perhatian : Lakukan penyetelan hanya ketika anda berhenti dan kendaraan anda berada pada lokasi yang aman. Melakukan penyetelan dingklik ketika kendaraan sedang berjalan yakni hal yang sangat berbahaya dan sanggup menjadikan kecelakaan.


Langkah 1: Posisikan diri anda dengan benar. Duduklah Dengan Punggung Sepenuhnya Di Sandaran Kursi


Langkah 2 : Pegang roda kemudi dengan benar. Jangkau kedepan dan pegang kemudi pada posisi jam 3 dan 9



Langkah 3 : Sesuaikan lengan anda pada posisi yang benar. Banyak pendapat bahwa lengan dengan membentuk sudut 90 derajat itu lebih baik. JIka lengan anda telalu lurus kedepan, dan duduk anda terlalu jauh dari kemudi itu akan cepat menjadikan kelelahan dalam waktu singkat. Sesuiakan dingklik pengemudi kedepan.



Jika siku anda  membuat sudut kurang dari 60 derajat, berarti anda duduk terlalu dengakat ke roda kemudi. Sesuaikan dingklik anda dengan menggesernya kebelakang.



Lengan kita dihentikan terlalu lurus, tetapi harus sedikit ditekuk. Ketika tubuh anda rileks dan duduk dengan nyaman, seharusnya tidak menjadikan ketidaknyamanan atau kelelahan ketika memegang roda kemudi.





Bagian 2 dari 5 : Bersandar di sandaran dingklik dengan benar


Ketika anda duduk di dingklik pengemudi, anda harus duduk tegak tanpa merasa tidak nyaman. Ini sanggup kau lakukan dengan beberapa latihan ( percobaan ). Jangan melaksanakan penyetelan sudut sandaran terlalu jauh kebelakang, sebab konsentrasi anda kedepan akan terganggi. Makara anda harus mempertimbagkan hal ini. 



Langkah 1: Posisikan dingklik sepenuhnya tegak. Sesuaikan dingklik pengemudi dengan posisi sepenuhnya tegak dan duduk di kursinya.  Posisi ini mungkin tidak nyaman diawal -awal percobaan,  tetapi ini yakni daerah adaptasi dingklik harus dimulai untuk mendapat kenyamanan dalam waktu yang panjang. 

Langkah 2: Bersandarlah di daerah duduk. Perlahan setelah  daerah duduk hingga anda mencicipi tekanan pada pecahan punggung berlahan turun kebagian bawah.   Ini yakni sudut di mana dingklik pada posisi terbaik bagi tubuh anda.  Ketika Anda meletakkan kepala Anda kembali, sandaran kepala harus 1-2 inci di belakang kepala Anda.


Langkah 3: Sesuaikan sesuai kebutuhan. Jika Anda mengalami kesulitan melihat melalui beling depan dengan kepala Anda yang terlalu kebelakang, sandarkan dingklik Anda lebih jauh ke depan. Jika Anda duduk tegak dengan sandaran  yang sempurna di belakang punggung dan kepala, tubuh Anda tidak akan cepat lelah ketika Anda mengemudi.


Bagian 3 dari 5 : Menyesuiakan ketinggian daerah duduk

Memang tidak semua kendaraan mempunyai adaptasi ketinggian dingklik pengemudi, tetapi jikalau anda sanggup melakukannya, itu sanggup membantu anda untuk mendapat kenyamanan posisi duduk yang nyaman. Menyesuaiakan ketinggian akan memastikan diri anda sanggup melihat posisi depan dengan baik dan mengurangi tekanan dibagian belakang paha anda bila ini dilakukan dengan benar.



Langkah 1 : Turunkan dingklik dengan bermacam-macam cara. Salah satunya yakni dengan menurunkan posisi dingklik ketika anda sedang mendudukinya untuk mendapat penyetelan yang sesuai.

Langkah 2: Perlahan-lahan angkat dingklik hingga pada posisi yang tepat. Mulailah menaikkan kursi, sedikit demi sedikit, hingga tepi pecahan depan kursi  menyentuh pecahan belakang paha Anda dengan ringan.

Jika posisi dingklik Anda terlalu rendah, kesudahannya kaki dan pecahan punggung akan merima tekanan dari tubuh anda, iin membuat titik-titik tekanan yang mengakibatkan rasa sakit.

Jika dingklik Anda terlalu tinggi, fatwa darah dibatasi di kaki bawah Anda dari tekanan di paha Anda. Kaki Anda sanggup semutan, membengkak, atau sulit bermanuver untuk menekan pedal gas dan rem.


Bagian 4 dari 5 : Menyesuaian setelan Lumbar



Pada kendaraan beroda empat - kendaraan beroda empat kelas premium biasanya dilengkapi degan setelan lumbar pada pecahan punggung bawah. Jika kendaraan beroda empat anda dilengkapi dengan teknologi ini, maka buatlah pisisi lumbar anda senyaman mungkin dengan melaksanakan beberapa kali penyetalan pada tombol yang tersedia. 


Namun jikalau dingklik kendaraan beroda empat anda tidak dilegkapi dengan teknologi penyetelan lumbar, ada cara lain yang sanggup membantu anda untuk mengatasi hal ini. Ini sangat gampang dan gambapang yang haya bermodalkan kain lipatan yang membentuk lipatan bulat.



Anda sanggup memakai lipatan pada handuk kecil atau sejenisnya yang sanggup menopang lumbar anda dengan baik ketika mengemudi. Setelah anda melipatnya dengan membentuk bulatan, selanjutnya letakkan lipatan tersebut pada pecahan lumbar anda ketika anda pada posisi duduk pada dingklik mobil. Anda sanggup mengurangi atau  melebihkan lipatan sesuai dengan kenyamanan yang anda rasakan. 



Bagian 5 dari 5 : Menyesuaikan Sandaran Kepala ( Headrest )

Sandaran kepala tidak dipasang untuk kenyamanan Anda. Sebaliknya, itu yakni perangkat keamanan yang mencegah whiplash ( pukulan ) jikalau terjadi  tabrakan. Jika diposisikan tidak benar, itu sanggup sangat bersahabat dengan kepala Anda atau terlalu jauh untuk memperlihatkan pertolongan yang dibutuhkan dalam suatu kecelakaan. Posisi yang sempurna sangat penting.



Langkah 1: Periksa jarak dari kepala Anda ke sandaran kepala. Duduklah dengan normal di dingklik pengemudi. Dengan tangan Anda, periksa jarak antara pecahan belakang kepala Anda dengan pecahan depan sandaran kepala.

Seharusnya kira-kira ada jarak satu inci dari belakang kepala Anda. Akan sangat membantu jikalau ada seorang teman yang menyelidiki adaptasi headrest untuk Anda jikalau itu  memungkinkan.



Langkah 2: Atur sandaran kepala jikalau memungkinkan. Ini akan menjadi dilema jikalau jaraknya tidak sempurna dengan kepala anda. 



Langkah 3: Sesuaikan sandaran kepala secara vertikal. Duduk normal di kursi, periksa, atau periksa teman Anda, tinggi headrest. Bagian atas sandaran kepala seharusnya dihentikan lebih rendah dari tingkat mata Anda.

Ini yakni adaptasi yang sempurna untuk duduk di dingklik mobil, terutama dingklik pengemudi. Kursi penumpang mustahil mempunyai adaptasi yang sama dengan dingklik pengemudi, dan dingklik belakang kemungkinan tidak akan mempunyai adaptasi selain adaptasi headrest.

Mula-mula, posisi duduk mungkin terasa asing ketika diubahsuaikan dengan benar. Biarkan diri Anda beberapa perjalanan singkat untuk mencicipi posisi itu. Lakukan adaptasi seperlunya jikalau Anda merasa sakit atau tidak nyaman. Setelah melaukan beberapa perjalanan singkat, posisi dingklik gres Anda akan mulai terasa alami dan nyaman. Selamat mencoba dan mendapat kenyamanan yang maksimal ketika mengemudi. 


Sumber : yourmechanic

Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/


EmoticonEmoticon