Friday, November 30, 2018

Bagaimana Cara Mereset Lampu Check Enggine ? Ikuti 4 Langkah Gampang Ini

Lampu check enggine akan menyala kalau terdekteksi ada duduk kasus yang berkaitan dengan sistem pada mesin. Ini mengatakan bahwa ada duduk kasus besar atau kecil yang harus segera ditangani. Jangan mengabaikan duduk kasus ini, alasannya kedepan bisa jadi menjadi pemicu yang lebih berat yang menjadikan anda menjadi merugi alasannya ongkos perbaikan yang mahal. Anda tidak akan direpotkan dengan menyalanya lampu check enginne kalau anda tahu penyebabnya.

Sebagian pengemudi merasa kesal kalau lampu indikator check enggine masih tak kunjung mati walau duduk kasus sudh diperbaiki. Dalam hal ini, komputer kendaraan anda terlalu banyak menyimpan memori kesalahan dan perlu dihapus untuk menuntaskan duduk kasus ini.

Ada beberapa langkah yang bisa nada lakukan untuk mengatasi lampu check enggine yang menyala,

1. Menggunakan Alat Scan Tool



Menggunakan scan tools yakni cara paling gampang untuk menuntaskan duduk kasus lampu check enggine yang terus menyala. Jika anda ingin mengetahui cara mematikan lampu check enggine memakai scan tools, ikuti 3 langkah gampang dibawah ini.

Langkah 1 -  Hubungkan Scan Tools Ke OBD II ( On Board Diagnostic )


Pastikan kunci kontak pada posisi OFF, semua komponen kelistrikan dalam kondisi mati. Hubungkan kabel Scan Tools ke soket OBD ( On Board Diagnostic ) yang berada dibawah roda kemudi. Setelah kabel terhubung ke OBD II, putar kunci kontak pada posisi ON.

Langkah 2 - LIhat Kode Kesalahan Dengan Menekan Tombol "Read" ( Baca )


Untuk melihat kesalahan yang terjadi pada kendaraan beroda empat anda, tekan tombol Baca pada Scan Tool. Anda perlu cacatan ihwal duduk kasus yang sedang terjadi sebagai rujukan kalau kedepan ada duduk kasus pada kendaraan beroda empat anda kalau diperlukan.

Langkah 3 - Hapus Kode Kesalahan


Tekan tombol " Erase" ( hapus ) pada scan tools untuk mengapus arahan kesalahan yang terdeteksi. Seharusnya lampu check enggine akan padam kalau semua arahan kesalahan sudah dihapus. Beberapa scan tool mempunyai bermacam-macam kemampuan untuk mencatat berapa hasil pembacaan sensor yang salah yang dibandingkan dengan nilai standar. Catatn, mungkin pada beberapa scan tool mempunyai opsi CLEAR atau YES yang fungsinya sama menyerupai tombol ERASE. Jangan lupa untuk menyalakan kunci kontak pada posisi "ON" ketika menghapus kesalahan pada scan tool.


2. Dengan Teknik Melepas Kabel Baterai

Selain memakai alat scan tool, ada cara usang yang sanggup anda gunakan untuk mereset lampu check enggien yang menyala pada kendaraan anda. Berikut 3 langkah yang sanggup anda lakukan untuk melaksanakan teknik ini dengan benar.

Langkah 1 - Lepas Kabel Baterai 



Pada langkah ini, dalam melepas baterai anda harus membutuhkan kunci pas atau kunci ring untuk mengendorkan kleman kabel pada baterai. Berhati - hatilah biar kunci tersebut tidak terhubung ke kedua terminal baterai ( faktual dan negatif ). Lepas kabel baterai dari terminal poisif terlebih dahulu.


Langkah 2 - Membuang Tegangan Sisa



Pada langkah kedua ini yang harus anda lakukan yakni menekan tombol klakson selama lebih kurang 30 detik lamanya. Tujuannya yakni untuk menguras tegangan sisa pada sistem kelistrikan kendraan.

Langkah 3 - Tunggu Dan Pasangakan Kembali Kabel Baterai



Setelah melepas kabel baterai dan menguras tegangan sisa pada kendaraan beroda empat anda, yang harus anda lakukan selanjutnya yakni menunggu sekitar 15 menit kemudian pasang kembali kabel baterai. Setelah kabel sudah terpasang dengan baik, selanjutnya putar kunci kontak ke posisi " ON" dan hidupkan mesin. Jika lampu check enggine mati, maka anda sudah berhasil.

Catatan, langkah diatas yakni untuk megatasi lampu check enggine yang menyala alasannya banyaknya memori komputer kendaraan beroda empat yang menyimpan arahan eror. Kode eror yang terlalu banyak disimpan akan menjadikan lampu check enggine menyala.

Sebaliknya, kalau pada langkah diatas gagas ( lampu check enggine tetap menyala ) kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem atau sensor. Hal ini harus segera diperbaiki terlebih dahulu biar lampu enggine mati.

3. Hidupkan Kunci Kontak On Dan OFF

Ini yakni pengulangan teknik sebelumnya tanpa harus melepas kabel baterai. And hanya perlu memasukkan kunci ke kunci kontak, nyalakan dan matikan selama tiga kali berturut-turut dengan jeda beberapa detik yang sama pada setiap phasenya. Setelah anda selesai, nyalakan kendaraan beroda empat untuk melihat apakah lampu sudah bekerja dengan normal ( mati dikala mesin hidup ).

4. Biarkan Lampu Check Enggine Reset Sendiri

Cara lain ihwal mereset lampu check enggine yakni membiarkannya mati dengan sendirinya. Ini yakni proses yang paling gampang alasannya anda tidak perlu melaksanakan apapun kecuali mengendarainya menyerupai biasa. Sistem komputer pada sebagian besar kendaraan terus bekerja melaksanakan perbaikan secara otomatis. Jika itu duduk kasus kecil menyerupai kesalahan pada anutan massa atau sensor O2 pada knalpot. Dimana untuk menormalkan kerjanya, maka kendaraan harus dioperasikan secara normal. Namun kalau lampu check enggien tetap menatap anda selama 3 hari, maka anda harus melaksanakan langkah - langkah yang disebutkan diatas.


Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/


EmoticonEmoticon