Mungkin kalian sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya baterai. Ya, hampir sanggup dipastikan semua kendaraan beroda empat memiliki baterai. Karena memang baterai memiliki peranan penting pada sistem kelistrikan kendaraan mobil.
Pada artikel ini, kami akan membahas fungsi baterai pada mobil. Untuk mengetahui jenis - jenis baterai dan perawatannya, anda sanggup membaca artikel yang sudah pernah kami tulis mengenail dan merawat baterai dengan benar. Dengan mengenal fungsi baterai dengan baik, dibutuhkan kita sanggup mengetahui segala hal yang sanggup merusak baterai dan menjadikan masa baterai semakin singkat.
#1. Fungsi Baterai
Secara umum fungsi baterai pada sistem kelistikan kendaraan kendaraan beroda empat ada 2 yaitu :
a. Sebagai sumber tegangan
Baterai akan menjadi sumber tegangan untuk mensuplay ke setiap komponen - komponen kelistrikan dikala mesin mati dan kunci kontak On. Sebagai contoh, dikala pertama kali kita menstater kendaraan, maka yang berfungsi untuk mensuplay tegangan ke motor stater murni 100 % tegangan bersumber dari baterai, tanpa ada pertolongan dari komponen lainnya.
b. Sebagai penyimpan tengangan
Berbicara penyimpanan tengangan di baterai, maka kita akan berkaitan dengan sistem pengisian pada kendaraan. Dimana pada kendaraan memakai dinamo pengisian tegangan yang berasal dari putaran alternator yang digerakkan oleh puli poros engkol. Tegangan yang keluar dari alternator akan diatur besar kecilnya sesuai dengan kebutuhan baterai.
#2. Jenis - Jenis Baterai
Baterai yang beredar dipasaran untuk hingga dikala ini yang dipakai pada kendaraan kendaraan beroda empat biasa ( bukan kendaraan beroda empat listrik ) ada 2 macam,
a. Baterai Basah
Baterai berair yaitu baterai generasi awal yang memakai gabungan elektrolit antara air murni ( botol warna biru ) dengan asam sulfat ( botol warna merah ). Baterai ini gampang menguap, sehingga ketika eletrolit berkurang maka harus segera diisi kembali. Jika tidak, maka baterai tidak akan bekerja secara optimal. Secara perawatan, ini akan merepotkan bagi kalian yang suka lalai mengecek baterai.
b. Baterai Kering
Baterai kering termasuk generasi sehabis baterai basah. Baterai ini sering juga disebut sebagai baterai MF ( maintenance Free ) atau bebas perawatan. Mengapa demikian ? jikalau dibandingkan dengan baterai basah, maka baterai kering tidak akan selalu menciptakan kalian kerepotan untuk selalu mengecek tinggi air baterai. Karena baterai ini sudah didesain sedemikain rupa dengan sumber elektrolit yang tidak sanggup dibuka ( diisi ulang ). Soal harga, memang lebih mahal jikalau dibanding baterai basah. Namun jikalau ada sebuah pilihan, maka menentukan baterai kering itu lebih baik.
#3. Melepas Dan Memasang Baterai
Untuk hal yang satu ini memang tidak terlalu sulit, alasannya yaitu memang melepas dan memasang baterai yaitu kasus yang sangat mudah. Namun perlu kalian ketahui bahwa ternyata soal melepas dan memasang baterai juga ada prosedurnya.
a. Melepas baterai harus dilakukan dikala semua komponen kelistrikan sudah mati semua. Terminal yang dibuka pertama ada terminal positif. Terminal positif akan ditandai dengan tanda Plus ( + ) dan kabel besar yang bewarna merah dan dilanjutkan dengan melepas negatif baterai ( - ) dengan kabel bewarna hitam.
b. Memasang baterai dilakuka dengan memasang terlebih dahulu negatif baterai ( - ) dan selanjutnya memasang positif baterai ( + ), kebalikan dari melepas baterai.
#4. Mengecek Tinggi Elektrolit Baterai (Air Baterai )
Mengecek elektrolit baterai hanya dilakukan untuk baterai berair ya, alasannya yaitu baterai kering tidak memerlukan pengecekan elektrolit. Posisi elektrolit yang baik ada diantara garis lower dan upper. Jika tinggi elektrolit sudah melewati garis lower, maka segera tambahkan dengan air murni ( botol biru ). Saat pengisian jangan hingga melewati garis upper, alasannya yaitu hal ini akan mengakibatan air elektolit sanggup menguap keluar melalui ventilasi yang berakibat jelek sanggup menghancurkan cat pada kendaraan.
#5. Pengecasan Baterai
Lakukan segera pengecaran terhadap baterai yang sudah tekor. Tanda - tanda baterai yang sudah tekor sanggup anda rasakan dikala pagi hari untuk memulai menstater kendaraan. Selain itu anda juga sanggup memperhatikan kondisi lampu kepala ( flash ) yang meredup dikala mesin mati. Lakukan pengecasan baterai anda ditempat pengecasan, alasannya yaitu pengecasan yang salah akan berakibat merusak baterai itu sendiri.
Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/
EmoticonEmoticon