Sunday, July 30, 2017

Pengertian Remapping Ecu Mobil

Apa itu remapping ECU - remapping ECU ialah sebuah proses melaksanakan pemetaan ulang seluruh aktivitas data yang tersimpan didalam Engine Control Unit ( ECU ), dengan tujuan utama ialah biar kinerja mesin menjadi optimal sesuai dengan yang diinginkan.

 remapping ECU ialah sebuah proses melaksanakan pemetaan ulang seluruh aktivitas data yang ters Pengertian Remapping ECU Mobil
ECU remapping, image by : m5board,com


Untuk melaksanakan sebuah remapping ini diharapkan suatu software aplikasi khusus yang nantinya digunakan untuk membongkar data aktivitas lama, dan melaksanakan editing gres kemudian data gres tadi di upload kembali kedalam ECU. Untuk melaksanakan remapping ECU ini tidak semua orang bisa, harus dikerjakan oleh tenaga hebat yang selain tahu perihal seluk beluk mesin, juga wajib tahu bahasa pemrograman tertentu. Jika tidak dilakukan oleh ahlinya, ingin hati kinerja mesin menjadi semakin optimal, yang didapat malah tidak karu karuan.

Untuk tiap tiap jenis atau brand kendaraan beroda empat pun menggunakan software yang berbeda dan juga cara remapping yang berbeda pula.

Cara lain melaksanakan remapping ECU

Selain melaksanakan pemrograman ulang pada perangkat ECU, proses remapping juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana tanpa harus membongkar pasang aktivitas ECU bawaan, beberapa cara yang lazim dilakukan remapping model ini ialah dengan tools khusus ibarat consult dan IT, memasang piggy back, maupun Stand Alone ECU.

 remapping ECU ialah sebuah proses melaksanakan pemetaan ulang seluruh aktivitas data yang ters Pengertian Remapping ECU Mobil


Piggyback

Piggyback ialah merupakan perangkat yang terpisah dari ECU, dan didalam piggyback ini terdapat aktivitas mapping yang didalamnya sudah di setting oleh programmer / pabrikan, aktivitas inilah yang nantinya akan melaksanakan mapping pada ECU kendaraan. Kaprikornus dengan kita memasang piggyback kita bisa melaksanakan remapping ECU tanpa harus membongkar aktivitas ECU bawaannya. Karena lebih mudah pemasangannya dan kita tidak repot memprogram ulang ECU, perangkat piggyback ini harganya juga tidak mengecewakan mahal. Biasanya seperangkat piggyback djual di kisaran harga Rp 2.500.000 sampai Rp 5.000.000, bahkan ada yang lebih dari itu.

 remapping ECU ialah sebuah proses melaksanakan pemetaan ulang seluruh aktivitas data yang ters Pengertian Remapping ECU Mobil
Contoh piggyback brand unichip


Baca juga : Pengertian dan cara kerja piggyback

Stand Alone ECU

Sedangkan untuk Stand Alone ECU mempunyai kemampuan yang lebih advance dibandingkan dengan piggyback. ECU stand alone ini merupakan ECU dari produk after market yang bisa di aktivitas sendiri oleh tuner. Atau dengan kata lain, ECU stand alone ini sama halnya dengan ECU standar kendaraan, namun dalam penggunaannya ECU stand alone ini bisa diubahsuaikan dengan perubahan yang kita lakukan terhadap mesin.

 remapping ECU ialah sebuah proses melaksanakan pemetaan ulang seluruh aktivitas data yang ters Pengertian Remapping ECU Mobil
Stand alone ECU, image by : miataturbo,net


Dengan memasang Stand alone ECU ini kendaraan kita serasa mempunyai dua buah ECU, alasannya dalam pemasangannya ECU standard harus tetap terpasang yang mempunyai kegunaan untuk mengatur kinerja pendukung kendaraan beroda empat lain ibarat AC kendaraan beroda empat dan elektrikal lainnya. Sedangkan untuk administrasi penyetelan mesin sanggup diatur melalui stand alone ECU nya. Karena kemampuan yang lebih advance ini, harga stand alone ECU jauh lebih mahal dibandingkan piggyback, harga jualnya ada di kisaran sedikit dibawah Rp 10 juta sampai ada yang lebih dari Rp 50 juta an.

Baca juga : Memahami pengertian Power dan Torsi mesin

Lalu mana yang lebih baik antara piggyback dan stand alone ECU ?

Untuk mana yang terbaik tentu saja yang lebih advance yaitu pilihan terbaik, namun sekali lagi tergantung dengan kebutuhan anda. Jika hanya akan dipasangkan pada kendaraan yang digunakan harian, cukuplah menggunakan piggyback saja. Untuk kendaraan yang digunakan balap lebih disarankan untuk menggunakan Stand Alone ECU. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share artikelnya :).




Sumber https://automotivexist.blogspot.com/


EmoticonEmoticon