Monday, December 3, 2018

Apakah Kendaraan Beroda Empat Warna Hitam Lebih Panas Dari Kendaraan Beroda Empat Warna Putih Pada Cuaca Panas ?



Apakah mobilbewarna hitam lebih panas daripada kendaraan beroda empat bewarna jelas pada cuaca panas ? nah, anda akan mencicipi perihal hal ini kalau anda pernah mempunyai kendaraan beroda empat bewarna hitam. Bagaimana rasanya ketika anda membuka pintu kendaraan beroda empat sesudah diparkir dibawah terik matahari ? itu sangat panas.

Apakah memang benar, kendaraan bewarna hitam jauh lebih panas daripada kendaraan beroda empat warna lain ? atau jangan - jangan hanya mitos ? Apakah benar sesuai dengan aturan sains ? mari kita bahas pada artikel dibawah ini.

Mengapa Mobil Hitam Lebih Panas ? Ini Alasan Ilmiahnya

Jika anda memarkir kendaraan beroda empat dibawah sinar matahari langusng, itu akan memanas lebih cepat dan mempertahankan panasnya lebih usang dari pada kendaraan beroda empat yang diparkirkan didalam garasi atau dibawah pohon. Masalahnya ialah kalau anda menyimpan dua kendaraan satu hitam dan satu putih dibawah sinar matahari. Yang pertama akan jauh lebih panas dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pendinginnya.

Mengapa ?

Berdasarkan penelitian Lab Environmental Energy Technologies Division menemukan bahwa dalam studi yang dilakukan pada tahun 2011 mendapat hasil bahwa kendaraan beroda empat bewarna jelas memantulkan hampir 60% sinar matahari dibanding dengan yang bewarna gelap. Ini menyimpulkan bahwa kendaraan warna hitam lebih banyak menyerap sinar matahari diabnding dengan kendaraan beroda empat warna warna lain yang lebih terang.

Para peneliti memakai kendaraan beroda empat honda civic warna silver dengan warna hitam sebagai materi penelitiannya. Mereka menemukan bahwa kendaraan beroda empat dengan warna jelas sanggup memperbaiki efisiensi pemakaian materi bakar sekitar 2 % dan penurunan kadar emisi berbahaya sebesar 2% juga.

Perbandingan Temperatur Mobil Hitam VS Mobil Putih


Apakah kendaraan beroda empat hitam lebih panas daripada kendaraan beroda empat bewarna jelas ? iya benar. Seberapa lebih panas yang terjadi pada kendaraan beroda empat hitam ? ya itu tergantung dari kondisi cuaca.


Percobaan yang pernah dilakukan oleh Mythbuster sanggup menjadi pola yang baik ketika mereka melaksanakan percobaan membandingkan suhu kendaraan beroda empat warna hitam dengan warna putih dan meletakkan thermometer pada bab kabin dikedua kendaraan percobaan tersebut. Selang beberapa waktu tertentu, suhu pada kendaraan beroda empat warna putih mencapai 50 Dejarat Celcius, sedangkan warna hitam 10 derajat lebih dari itu.

Divisi Teknologi Energy Lingkungan Barkeley Lab juga pernah melaksanakan percobaan yang sama pada cuaca panas di Sacramento, California. Mereka meninggalkan kendaraan beroda empat dibawah sinar matahari selama satu jam dan kemudian mengukur suhu pada kedua kendaraan beroda empat tersebut, dan kesudahannya kendaraan beroda empat warna hitam lebih panas 10 derajat dibanding warna putih.

Selian itu, Autoradar juga melaksanakan tes pada ekspresi dominan panas di Georgia. Setelah beberapa jam, suhu didalam kabin kendaraan beroda empat warna hitam 17 Derajat lebih tinggi dibanding warna putih. Juga membutuhkan waktu lebih usang untuk mendinginkan ruang kabin seletelah dihidupkan AC.

Apakah kendaraan beroda empat warna hitam lebih panas ? dari banyak hasil eksperimen tersebut bahwa itu benar demikian. Perbedaan suhu tidak perlu dikhwatirkan, alasannya ialah AC akan membantu mendinginkan suhu kabin mobil. Tetapi, sanggup jadi kenyamanan anda sedikit terganggu kalau anda tinggal didaerah yang mempunyai suhu lebih panas. Namun menentukan kendaraan beroda empat dengan warna lebih jelas sanggup menghemat konsumsi materi bakar dan kandungan gas berbahaya yang lebih sedikit.

Jika anda mempunyai kendaraan beroda empat bewarna hitam, untuk mengurangi suhu yang berlebih ada beberapa tips yang harus anda lakukan,

1. Menggunakan jendela yang gelap
2. Memasang kerai ( pelindung ) beling depan dikala parkir diterik matahari
3. Selalu parkir digarasi atau dibawah naungan.
Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/


EmoticonEmoticon