Sunday, December 9, 2018

Cara Mendiagnosis Roda Kemudi Yang Bergetar

 kendaraan beroda empat anda harus berkendara dengan lancar dan baik pada perjalanan yang sedang anda lakuk Cara Mendiagnosis Roda Kemudi Yang Bergetar
Roda kemudi bergetar
Selama sistem bekerja normal, kendaraan beroda empat anda harus berkendara dengan lancar dan baik pada perjalanan yang sedang anda lakukan. Sebagai pengemudi, dikala ini sudah banyak teknologi yang tertanam menyerupai teknologi suspensi dan sistem pencetus pada kendaraan sehingga nyaris tepat untuk menikmati kenyamanan dalam berkendara. Namun ada kalanya kita mencicipi getaran pada roda kemudi dikala melewati kondisi jalan tertentu dan pada kecepatan tertentu.

Karena ada beberapa komponen pada kendaraan dikala ini yang sanggup menimbulkan terjadinya getaran pada roda kemudi. Mencoba untuk mencari sumber kerusakan membutuhkan analisa yang berpengaruh dan memakan waktu, bahkan untuk mekanik berpengalaman.

Beberapa fakta bahwa biasanya komponen - komponen yang termasuk dalam sistem kemudi terjadi kerusakan sehingga menimbulkan front wheel aligment tidak seimbang dan ini menimbulkan roda kemudi menjadi bergetar.


1. Mendiagnosis Keseimbangan Roda Dan Ban ( Balancing )

 kendaraan beroda empat anda harus berkendara dengan lancar dan baik pada perjalanan yang sedang anda lakuk Cara Mendiagnosis Roda Kemudi Yang Bergetar
Keausan tidak rata pada ban
Penyebab paling umum dari getaran roda kemudi yakni lantaran ban dan roda yang berputar tidak seimbang. Keseimbangan ( balancing ) ban / roda yakni proses penambahan kompoen pemberat ke potongan Velg. Setiap roda yang gres diproduksi oleh pabrikan sanggup saja mempunyai ketidaksempurnaan dalam konstruksinya, oleh karenanya membutuhkan komponen pemberat untuk menyeimbangkannya.

Cara terbaik untuk memilih apakah roda kemudi bergetar disebabkan oleh ban depan dan roda yang tidak seimbang yakni dengan mengusut kondisi keseimbangan roda di seorang hebat roda yang mempunyai alat spoorng dan balancing.

Ada beberapa ciri - ciri peringatan yang mengarah akan kerusakan pada potongan ini, diantaranya yaitu
  • Roda kemudi bergetar ketika kendaraan mencapai kecepatan tertentu pada jalan raya ( biasanya diatas kecepatan 85 Km / Jam )
  • Guncangan akan semakin jelek bila kecepatan berkendara ditambah
  • Getaran akan hilang ketika anda mengurangi kecepatan dibawah 85 Km/Jam pada jalan raya

Selain cara diatas, anda juga sanggup melaksanakan investigasi sendiri untuk memilih apakah ban/ roda tersebut tidak seimbang. Ini sanggup dilihat secara fisik dari bentuk ban itu sendiri. 



Periksa potongan sisi ban anda untuk melihat tanda - tanda yang tidak normal. Penyebab paling umum dari ban dan roda yang tidak seimbang yakni terjadinya keausan yang tidak merata atau jenis kerusakan lain yang diakibatkan lantaran mengenai / menabrak benda tertentu. 

Pemeriksaan sederhana lainnya yakni dengan mengusut potongan sisi roda daerah dimana sipasangnya balancing weight. Jika anda melihat sisi tersebut higienis ( tidak ada balancing weight ), kemungkinan ia terlepas dan jatuh. Jika ini terjadi, segera bawa roda anda ke daerah balancing untuk menyetelnya dengan pemasangan kembali balancing weigt pada sisi roida yang benar.

2. Mendiagosa Kerusakan Pada Bantalan ( Bearing Roda )

 kendaraan beroda empat anda harus berkendara dengan lancar dan baik pada perjalanan yang sedang anda lakuk Cara Mendiagnosis Roda Kemudi Yang Bergetar
Pemeriksaan ganjal roda
Bantalan roda berfungsi sebagai dudukan disk rotor rem piringan depan. Didalam rumah ganjal roda ada diberi pelumas khusus ( grease ) yang dirancang untuk menjaga suhu ganjal semoga tetap masbodoh dan mengurangi penumpukan panas dikala roda berputar. Seiring dengan pemakaiannya, ganjal roda cenderung kehilangan pelumsananya. Jika ganjal ini tidak segera diganti secara tepat waktu, kan menimbulkan roda - roda menjadi longgar. 

Saat kendaraan melaju dijalan, roda yang longgar akan menimbulkan getaran yang mungkin akan terasa hingga roda kemudi. Jika ini tidak segera diganti, roda sanggup patah dan ini sangat berbahaya. 


 kendaraan beroda empat anda harus berkendara dengan lancar dan baik pada perjalanan yang sedang anda lakuk Cara Mendiagnosis Roda Kemudi Yang Bergetar
Menggerakaan roda untuk mengusut kondisi ganjal roda
Ada investigasi sederhana yang sanggup dilakukan oleh mekanik pemula atau anda untuk coba mengusut apakah ganjal roda sebagai penyebab getaran atau tidak. Untuk melaksanakan tes ini, anda harus benar-benar mengikuti langkah - langkah dibawah ini. 


Langkah 1: Angkat ujung depan kendaraan pada dudukan jack. Menggunakan lift hidrolik atau dongkrak,  angkat ujung depan kendaraan.

Pastikan untuk mendongkrak roda depan dari titik potongan bodi samping yang kuat. 

Langkah 2: Periksa ban / roda untuk ganjal roda lepas. Seperti yang tercantum pada gambar di atas, investigasi untuk ganjal roda yang longgar atau aus agak gampang untuk diselesaikan dan dilakukan dengan sentuhan. Letakkan kedua tangan di atas ban, sebaiknya dengan satu tangan pada posisi jam 3 dan yang lainnya pada jam 9.

Dorong dan tarik ban masuk dan keluar dengan kedua tangan. Jika Anda melaksanakan ini dan mendengar bunyi clunking, atau roda bergerak bebas dikala menggerakkan ban, itu indikasi yang baik bahwa ganjal roda sudah aus dan perlu diganti.

Langkah 3: Ganti ganjal roda atau minta mekanik menuntaskan persoalan ini. Jika Anda mempunyai alat dan pengalaman pernah mengganti ganjal roda, mengganti ganjal roda yakni pekerjaan yang cukup sederhana untuk diselesaikan.

Tetapi bila Anda tidak mempunyai keahlian ini, atau tidak merasa nyaman menuntaskan kiprah ini, hubungi mekanik yang sanggup mengganti ganjal roda dengan baik. 

3. Pemeriksaan Pada Komponen Suspensi

 kendaraan beroda empat anda harus berkendara dengan lancar dan baik pada perjalanan yang sedang anda lakuk Cara Mendiagnosis Roda Kemudi Yang Bergetar
Pemeriksaan Sistem Suspensi
Ada beberapa komponen yang terdiri dari suspensi front end modern. Masing-masing potongan ini terhubung untuk menunjukkan input ke roda kemudi, menggerakkan roda depan dan menjaga roda depan semoga kendaraan sanggup melaju lurus pada jalan. 
kerusakan pada komponen suspensi atau pemasangannya yang tidak tepat sanggup berdampak pada stabilitas kendaraan, dan juga sanggup menimbulkan getaran  di roda kemudi. Gemetar biasanya disebabkan oleh potongan suspensi yang aus atau longgar, yang menimbulkan persoalan pelurusan roda.

Untuk mengetahui apakah potongan suspensi aus atau sudah tidak sejajar, Anda harus menuntaskan investigasi berikut:

Langkah 1: Periksa komponen tie rod yang digunakan. Hal  pertama yang ingin Anda periksa jawaban kerusakan pada roda kemudi yakni tie rodt. Lihat buku panduan servis Anda untuk arahan yang tepat dan langkah-langkah bagaimana Anda harus menginspeksinya, lantaran setiap konstruksi dan lokasi tie rod kendaraan berbeda - beda.

Langkah 2: Periksa busing. Penyebab umum getaran roda kemudi pada kecepatan yang lebih rendah yakni ketika bushing pada tie rod, spindle, atau lengan kontrol sudah tidak layak pakai.

Pertama, dongkrak ujung depan kendaraan Anda dan letakkan ujung depan pada dudukan jack (pastikan untuk mengganjal roda belakang).

Dengan memakai lampu senter, periksa busing dengan menggerakkan komponen - komponen yang terhubung dengannya.  Jika potongan tersebut bergerak, berarti busing telah rusak dan harus segera diganti.

Langkah 3: Pemeriksaan kondisi suspensi. Suspensi yang telah rusak atau bocor juga menjadi faktor pemicu yang menimbulkan roda kemudi bergetar. Oleh karenya, cobalah untuk menekan kendaraan potongan depan dengan memakai tangan, dan rasakan apakah ada tekanan tertentu atau tidak. Selain itu, anda juga sanggup melihat pada komponen - komponen yang terhubung dengan suspensi tersebut. Gerakkan dan berikan tekanan, apakah ada yang longgar atau tidak.

Jika Anda telah menuntaskan semua investigasi ini dan masih tidak sanggup menemukan sumber masalah, atau perlu perbaikan yang membutuhkan penangan khusus, segera hubungi atau bawa kendaraan beroda empat anda pada bengkel langganan anda untuk menemukan sumber persoalan roda kemudi yang bergetar. 



Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/


EmoticonEmoticon