Wednesday, November 29, 2017

Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor

Fungsi jalu stang motor - handlebar balancer alias kafe end atau yang biasa orang awam sebut dengan istilah jalu atau bandul stang yang terpasang pada bab ujung handgrip motor bukan hanya sekedar hiasan ataupun sebagai balancer saja, alasannya ada beberapa fungsi lain yang mungkin saja kalian belum ketahui.

 handlebar balancer alias kafe end atau yang biasa orang awam sebut dengan istilah jalu ata Fungsi Lain Dari Jalu Stang Motor


Jalu stang motor ini umumnya dalam kondisi standar terbuat dari materi material yang berpengaruh biar nantinya bisa untuk menahan benturan. Didesain dengan bentuk memanjang yang terpasang di bab ujung - ujung handgrip sepeda motor, fungsi utama dari handlebar balancer ini yaitu sebagai penyeimbang / balancer biar setir motor stabil dan tidak gampang goyang ketika sepeda motor dipakai untuk berkendara.

Pada umumnya motor dengan jumlah silinder sedikit, getaran yang dihasilkan oleh mesin semakin besar yang nantinya akan merambat ke seluruh chassis motor, melalui garpu depan dan selanjutnya akan merambat ke bab stang motor. Dengan adanya kafe end atau jalu stang ini, getaran tadi bisa diredam dengan baik.

Fungsi lain dari handlebar balancer ini selain sebagai penyeimbang dan peredam getaran, ternyata juga berfungsi sebagai pengaman bukaan gas ketika motor terjatuh. Kaprikornus ketika sepeda motor terjatuh ke arah kanan, secara otomatis jalu stang inilah yang pertama kali menyentuh permukaan aspal. Dengan demikian handgrip throttle gas atau stang ini gas akan pribadi menutup.

Selain itu dengan adanya bandul stang motor, ketika motor mengalami crash dan terjatuh kearah samping, jalu stang sanggup menahan body motor dan meminimalisir rusaknya bab body samping  motor maupun tangki. Setidaknya meminimalkan kerusakan meskipun kenyataannya nanti body tetap mengalami lecet.

Baca juga : Tips merawat handgrip motor biar tidak berkerak

Nah itulah tadi sedikit gosip mengenai fungsi dari handlebar balancer alias jalu stang motor alias bandul stang motor. Semoga goresan pena diatas sanggup berguna.




Sumber https://automotivexist.blogspot.com/


EmoticonEmoticon