Monday, November 20, 2017

Fungsi Tombol O/D Pada Transmisi Otomatis

Fungsi tombol O/D adalah - pada sebuah kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis sering kali kita melihat ada sebuah tombol pelengkap yang ada pada tuas transmisi, beberapa tombol ada yang diberi keterangan lengkap berupa goresan pena "over - drive", dan beberapa lagi hanya disimbolkan aba-aba O/D.


 pada sebuah kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis sering kali kita melihat ada sebuah tombol tambah Fungsi tombol O/D pada Transmisi Otomatis


Over drive atau yang biasa disingkat Over drive ini artinya yaitu rasio gigi paling tinggi / top gear yang ada pada kendaraan tersebut. Fungsi atau kegunaan dari tombol O/D kalau diaktifkan tentu saja semoga kendaraan beroda empat dapat melaju kencang di jalan yang bebas kendala ( jalan tol ) sebab gigi over drive ini layaknya kita sedang memakai gigi paling tinggi pada kendaraan bertransmisi manual.

Dengan ngebut memakai Over Drive ini tentu saja rpm mesin yang semula tinggi dapat diturunkan, dan efeknya penggunaan materi bakar menjadi lebih ekonomis dibandingkan kalau kita ngebut dengan memakai gigi biasa semisal gigi "D".

Untuk melihat apakah O/D sedang aktif atau tidak kalian dapat melihatnya melalui lampu indikator yang ada pada pecahan spidometer mobil. Untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan fungsi O/D ini cukup tekan sekali untuk mengaktifkan, dan tekan sekali lagi kalau ingin menonaktifkan.

Poin yang wajib diperhatikan ketika penggunaan O/D yaitu hanya kalau kalian ngebut di jalan bebas kendala saja, jangan sekali kali memakai O/D ketika kendaraan beroda empat digunakan berkendara yang cenderung pelan maupun stop and Go. Jika tidak maka ECU mesin kendaraan beroda empat akan selalu berusaha mencapai posisi gigi transmisi yang paling tinggi, sehingga malah akan menciptakan tenaga mesin menjadi lemah.

Bila dianalogikan pada kendaraan manual, penggunaan O/D pada kendaraan beroda empat yang berjalan pelan ini semacam kalian sedang berkendara di jalanan yang padat merayap tapi memakai gigi nomor 5 sehingga rpm mesin rendah,torsi yang diperoleh pun juga rendah sehingga boros BBM.

Baca juga : Arti aksara dan angka di transmisi otomatis





Sumber https://automotivexist.blogspot.com/


EmoticonEmoticon