Tuesday, November 21, 2017

Fungsi Tombol Shift Lock Di Transmisi Otomatis

Fungsi tombol shift lock adalah - bagi kalian yang mempunyai kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis dan sering menggunakannya tentu tidak absurd dengan tombol shift lock, kemudian apa sih kegunaan dari tombol ini ? mungkin banyak juga dari kalian yang belum mengetahui perihal fungsi dari tombol shift lock yang ada di kendaraan beroda empat matik, nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit isu mengenai fungsi dari tombol shift lock dan kegunaannya.

Fungsi tombol shift lock

Tombol shift lock yakni sebuah tombol yang berfungsi untuk membebaskan tuas transmisi yang telah ter "lock" pada posisi parking "P" sehingga nantinya tuas transmisi tadi sanggup dipindah / digeser ke posisi netral "N".

 bagi kalian yang mempunyai kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis dan sering menggunakannya tentu tid Fungsi Tombol Shift Lock Di Transmisi Otomatis


Kenapa harus dipindah ke posisi netral, bukankah lebih baik diposisi "P" dikala kendaraan beroda empat diparkir ?

Banyak yang tidak mengetahui tata cara memarkirkan kendaraan terutama ketika memarkirkan kendaraan secara parallel. Saat kalian memarkirkan kendaraan beroda empat dengan posisi seri, boleh saja kalian eksklusif memindahkan tuas transmisi di posisi "P", kemudian mencabut kunci kendaraan beroda empat dan meninggalkan kendaraan.

Akan tetapi dikala kalian hendak memarkirkan kendaraan beroda empat secara parallel, menarik tuas rem tangan maupun memposisikan tuas transmisi pada posisi "P" tidak disarankan, lantaran hal ini akan menciptakan orang lain yang kebetulan memarkirkan kendaraan di depan / dibelakang mobilmu akan kebingungan dikala akan keluar lantaran kendaraan kalian tidak sanggup didorong sama sekali.

Baca juga : Ini beberapa tanda-tanda transmisi kendaraan beroda empat matik bermasalah

Cara parkir parallel yang benar untuk kendaraan beroda empat matik

Saat hendak memarkirkan kendaraan beroda empat secara parallel, langkah pertama yang perlu kalian lakukan yakni memarkirkan kendaraan beroda empat secara sempurna. Setelah itu kalian sanggup mematikan mesin kendaraan beroda empat dan memindah tuas transmisi ke posisi "P" biar kunci kendaraan beroda empat sanggup dicabut. Setelah kunci kendaraan beroda empat dicabut, silahkan keluar dan alas bab roda kendaraan sanggup memakai watu paving atau karet pengganjal khusus. Setelah roda diganjal barulah kalian tekan tombol shift lock dan pindahkan tuas transmisi ke posisi netral.

Dengan begitu orang lain yang kebetulan hendak keluar dari parkir parallel dan merasa ragu, mereka sanggup menggeser posisi kendaraan beroda empat kita sedikit menjauh, sehingga ada cukup ruang untuk bermanuver dan keluar dari posisi parkir parallel.

Coba bayangkan jikalau kita memarkirkan kendaraan beroda empat secara parallel dan memposisikan tuas transmisi di posisi "P", dan kebetulan ada orang lain yang ingin keluar tapi terjebak oleh kendaraan beroda empat kita yang tidak sanggup didorong. Bila tidak sabaran sanggup saja  mereka menggeser kendaraan beroda empat kesayangan kita dengan cara dipepet dan digeser kendaraan beroda empat VS kendaraan beroda empat yang akan menciptakan keduanya lecet / rusak.

Baca juga : 7 kelebihan kendaraan beroda empat bertransmisi manual dibanding matik

Sebenarnya posisi parkir secara parallel ini baik kendaraan beroda empat bertransmisi manual maupun matik sama - sama tidak disarankan menarik tuas rem tangan dan posisi tuas perseneling wajib di posisi netral. Yang membedakan yakni untuk kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis, tuas perseneling harus diposisikan pada posisi "P" terlebih dahulu biar anak kunci kendaraan beroda empat sanggup dicabut, sehabis anak kunci kendaraan beroda empat dicabut, tuas harus dipindahkan di posisi "N" tentunya dengan menekan tombol Shift Lock ini.

Nah semoga goresan pena diatas sanggup bermanfaat, khususnya bagi pemilik kendaraan bertransmisi otomatis dikala hendak memarkirkan mobilnya.




Sumber https://automotivexist.blogspot.com/


EmoticonEmoticon