Friday, November 23, 2018

Jangan Salah, Ini Cara Benar Menilik Kwalitas Dan Kwantitas Oli Mesin

Oli menjadi potongan terpenting akan kinerja mesin. Dengan adanya oli, komponen - komponen logam yang saling bergesekan akan diminimalisir terjadinya keausan sehingga hal ini akan sangat bermanfaat akan masa pakai dan kinerja mesin itu sendiri.  Oli juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin biar pembakaran yang terjadi pada ruang bakar maksimal.

Kita sebagai pengemudi harus tahu cara menyidik oli mesin dengan benar. Walau sekilas terlihat simpel gampang, namun hal ini dihentikan kita abaikan. Bayangkan saja bila oli mesin kendaraan beroda empat kita berkurang dikala akan bepergian jauh. Ini akan menjadi peristiwa finansial bagi kita.

Pada artikel ini kami akan memandu anda bagaimana cara memriksa oli yang benar sesuai dengan standar mekanisme yang ada. Tidak banyak hal yang harus anda siapkan untuk menyidik oli, anda hanya cukup menyediakan sebuah kain lap atau selembar tisu yang biasanya sudah ada di cabin kendaraan beroda empat anda.

Pada investigasi oli, ada 2 hal penting yang harus anda perhatikan yaitu :

a. Level Oli ( Tinggi Oli )

b. Kwalitas Oli ( Warna Oli )

Baiklah marilah kita sama - sama untuk mengetahui cara investigasi oli


1. Matikan Mesin

Dalam menyidik oli, mesin harus dalam keadaan mati. Ini berfungsi biar oli tidak meluap sehingga memudahkan kita untuk melihat tinggi ( level ) oli.

2. Mencari Letak Stik Oli ( Tongkat Oli )



Stick oli ( tongkat pemeriksa oli ) letaknya diarea samping mesin. Gagang potongan ujungnya bisanya lebih mayoritas warna kuning, walau sebagian ada juga yang warna hitam. Stik oli pada potongan mesin hanya terdapat 1 buah, jadi anda jangan khawatir akan kesalahan bila dikala pembukaannya sebab cuma 1 buah.


3. Cabut Stick Oli


Stik oli rata - rata terbuat dari sebuah bilah logam yang elastis dengan panjang kira-kira 50 cm. Tidak ada sistem pengunci disini. Sehingga anda cukup menariknya dengan sedikit tenaga untuk mengeluarkan semunya. Ketika stik oli sudah terangkat semuanya, lakukan pencucian pada ujungnya memakai tisu atau kain lap. Pastikan tidak ada oli yang masih melekat atau menetes.


4. Masukkan Kembali Stick Oli (1)



Setelah stick oli tercabut dan sudah dibersihkan dengan kain lap atau selembar tisu, maka selanjutnya yakni masukkan kembali stick oli ke lubangnya. Dorong dan tekan secara perlahan setick oli hingga mentok hingga gagang pemegangnya, dihentikan setengah atau menggantung.


5. Periksa Kwalitas Dan Level Oli



Untuk melihat kwantitas ( level Oli ) perhatikanlah dititik mana oli melekat pada stik oli. Level oli dikatan masih kondusif bila berada diantara level maksimal dn minimal. Namun bila oli sudah melewati batas minimal maka segeralah lakukan investigasi sebelum dilakukannya penggantian atau penambahan oli. Karena ini sanggup saja terjadi jawaban adanya kebocoran atau hal lain yang merugikan.

Sedangkan bila ingin melihat kwalitas oli maka perhatikanlah warna cari oli tersebut. Kwalitas oli masih normal bila masih bewarna kekuning-kuningan atau hitam. Namun bila warnanya sudah beruba menjadi warna putih kesusuan, ini sanggup ditimbulkan bahwa oli sudah bercampur dengan air pendingin.


6. Masukkan Kembali Stick Oli ( 2 )


Ini yakni langkah terakhir dari investigasi level dan kwalitas oli. Setelah semuanya sudah aman, maka masukkanlah stik oli pada lubangngnya. Bersihkan setiap kotoran yang ditimbulkan dari tetesan oli atau yang sejenisnya.

Demikianlah artikel cara benar menyidik kwalitas dan kwantitas oli pada mesin anda kendaraan beroda empat anda. Lakukan hal ini minimal satu ahad sekali biar sistem pelumasan pada mesin masing tetap terjagas.
Sumber http://lksotomotif.blogspot.com/


EmoticonEmoticon